Career Tips and Tricks

How to Prepare Virtual Career Fair

Headline image

How to Prepare Virtual Career Fair

Virtual career fair adalah sebuah acara atau event yang di selenggarakan secara virtual atau online untuk job seekers. Virtual job fair ini di ikuti oleh puluhuan hingga ratusan perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja/karyawan di perusahaannya. Berbeda dengan job fair biasanya, di virtual career fair ini, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk datang ke lokasi, tidak perlu berdesakan di tengah kerumunan banyak orang, atau menunggu hingga bosan di antrean panjang untuk melamar pekerjaan.

Terus, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk mengikuti virtual career fair?

Before Virtual Career Fair

1. Cari tahu siapa saja yang akan ada di sana

Sangat penting untuk mengetahui perusahaan apa saja yang akan mengikuti virtual career fair tersebut. Lakukan riset dan cari tahu sebanyak-banyaknya informasi perusahaan yang menarik minat Kamu dan sesuai dengan bidangmu, mulai dari misi perusahaan, budaya perusahaan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk membuat list perusahaan yang akan Kamu tuju.

 

2. Siapkan beberapa poin pembicaraan

Dalam virtual career fair nantinya, recruiters ingin lebih mengenal tentang diri Kamu. Jadi pikirkan tentang "elevatorpitch" Kamu, yatiu gambaran singkat tentang latar belakang Kamu, mulai dari identitas diri, pengalaman studi, pengalaman kerja, tujuan karier Kamu, dll. Berlatihlah dengan teman atau anggota keluarga agar Kamu siap dan merasa nyaman untuk memperkenalkan diri ke recruiters nantinya. Akan lebih baik lagi jika Kamu berlatihnya juga secara virtual melalui aplikasi video conference. Selain itu, Kamu juga bisa menyusun list pertanyaan yang akan Kamu ajukan saat proses interview dengan recruiters.

 

3. Siapkan CV atau resume Kamu

Perbaharui CV atau resume Kamu. Beberapa hal yang harus diperbaharui diantaranya foto, skills, prestasi dan pengalaman. Recruiters mungkin memiliki opsi untuk mengumpulkan CV atau resume melalui buku resume online, jadi kami menyarankan Kamu menyimpan resume Kamu dengan format PDF. Jangan lupa sesuaikan CV Kamu dengan kualifikasi perusahaan yang akan Kamu lamar.

 

4. Persiapan teknis

Karena virtual career fair ini dilakukan secara online, pastikan hal-hal teknis seperti kualitas internet, webcam, dan mikrofon Kamu tidak bermasalah. Selain itu, pastikan untuk memiliki opsi cadangan jika terjadi gangguan teknis (misal telepon di sekitar jika Kamu perlu menelepon, cadangan koneksi internet). Kamu juga harus memastikan untuk menggunakan ruangan yang bersih, tenang, dan cukup terang.

 

On the day of the virtual career fair

1. Berpakaian formal dan rapi

Meskipun Kamu tidak akan bertemu langsung dengan recruiters, sedikit berdandan akan membuat kesan pertama yang baik dengan recruiters. Selain itu, gunakan pakaian yang rapi dan formal seperti saat Kamu menghadiri job fair.

 

2. Hadir tepat waktu

Sangat penting untuk hadir tepat waktu sebelum sesi yang Kamu pilih dimulai. Tepat waktu menunjukkan kepada recruiters bahwa Kamu dapat diandalkan dan menghormati waktu mereka juga.

 

3. Percaya Diri

Penting untuk berbicara dengan pelan dan jelas selama percakapan virtual. Pastikan untuk tidak membicarakan orang lain dan beri recruiters waktu untuk menyelesaikan pertanyaan atau menjelaskan sesuatu. Jawab pertanyaan dengan percaya diri dan tegas. Tersenyumlah sesekali dan menganggukkan kepala selama percakapan berlangsung.

 

4. Mengajukan pertanyaan

Bawalah daftar pertanyaan yang telah Kamu siapkan untuk setiap sesi. Bawalah pena dan kertas sehingga Kamu dapat menuliskan pertanyaan baru yang Kamu pikirkan selama percakapan berlangsung.

 

5. Dapatkan informasi kontak recruiters

Pastikan untuk menuliskan nama dan alamat email recruiters yang berinteraksi dengan Kamu. Kamu juga boleh bertanya tentang proses / jadwal perekrutan untuk memastikan Kamu sudah mengikuti langkah yang benar.

 

The day after the fair

 

1. Follow up

Mengirimkan email terima kasih bersama dengan resume Kamu ke recruiters. Hal ini masih jarang dilakukan oleh job seeker setelah melaksanakan virtual career fair. Gunakan kesempatan ini untuk mengulangi bagaimana latar belakang dan keterampilan Kamu sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

2. Maintain contact

Perusahaan mungkin sibuk melakukan apa yang mereka lakukan dan mungkin tidak segera menghubungi Kamu setelah virtual career fair berlangsung. Tidak apa-apa jika Kamu mengirimkan reminder jika Kamu tidak mendapat kabar apapun selama beberapa hari. Ini menunjukkan bahwa Kamu benar-benar tertarik dengan pekerjaan mereka dan benar-benar memperhatikan.

 

Semoga Tips and Tricks kali ini dapat membantu Kamu dalam proses persiapan untuk event virtual career fair nantinya ya, Guys!

Buat Kamu yang ingin meningkatkan kemampuan wawancara atau softskill lainnya, bisa banget untuk ikut event-event dari Undip Career Center atau nikmati layanan dari UCC. Semuanya ada di www.uccareer.id

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks

Salam Sukses Karier!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0078 second..