Career Tips and Tricks

Video Conference Interviews: Persiapannya gimana sih?

Headline image

Di masa pandemi seperti ini, membuat segala kegiatan yang bersifat tatap muka secara langsung dibatasi. Hal tersebut juga berdampak ke proses perekrutan pegawai. Banyak perusahaan-perusahaan yang memilih melakukan perekrutan pegawai baru secara online. Salah satunya yaitu dengan cara interview via video conference.

Kunci dari interview melalui video conference yang sukses adalah bersiap dan merasa percaya diri selama proses interview berlangsung. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu untuk  menyelesaikan interview melalui video conference.

1. Berada di tempat yang terang dan cukup cahaya.

Cahaya yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mempersulit interviewer untuk melihat kamu. Duduk dengan punggung menghadap ke jendela atau sumber cahaya, dapat berdampak negatif pada kualitas video call kamu, karena akan memberikan efek siluet yang tajam. Jika memungkinkan, duduklah menghadap jendela atau sumber cahaya untuk memastikan wajah kamu diterangi dengan baik dan terlihat jelas.

2. Pastikan koneksi internetmu stabil

Sebelum interview berlangsung, siapkan koneksi internet yang stabil. Jika kamu menggunakan wifi, jangan lupa sediakan cadangan koneksi yang lainnya untuk menghindari bad connection. Tetapi, jika tidak menggunakan wifi, gunakan provider-provider yang mempunyai koneksi internet yang bagus. Untuk menghemat kuota internet, kamu dapat memanfaatkan paket kuota video conference yang sudah disediakan oleh berbagai macam provider dengan harga yang terjangkau.

 

3. Pelajari aplikasi video conference

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat interview berlangsung, ada baiknya kamu mempelajari aplikasi apa saja yang akan digunakan untuk interview. Jangan sampai kamu kebingungan bagaimana cara menggunakan aplikasi-aplikasi video conference saat proses interview. Dan jangan lupa mengecek apakah perangkat lunak kalian seperti smartphone, tablet, laptop atau komputer kamu compatible dengan aplikasi video conference yang akan digunakan.

 

4. Gunakan background yang tidak mengganggu.

Interviewer akan disuguhi pemandangan apa pun yang ada di belakang kamu, jadi penting untuk melakukan interview di lingkungan yang bersih dan tenang untuk meminimalkan gangguan sebanyak mungkin. Ruangan dengan warna cat netral (putih, cream, kuning muda, dll) adalah tempat yang tepat untuk melakukan interview.

 

5. Temukan posisi kamera yang tepat

Karena ini adalah interview face-to-face, interviewer harus dapat melihat dengan jelas seluruh wajah kamu. Jika memungkinkan, posisikan kamera setinggi mata dan cukup dekat dengan kamu sehingga wajah dan tubuh bagian atas memenuhi bagian tengah layar.

 

6. Kondisikan lingkungan sekitarmu

Selain menggunakan background yang tidak mengganggu, menjaga lingkungan sekitar tetap tenang selama proses interview juga diperlukan. Cobalah mencari ruangan yang tenang, bersih dan cukup terang. Pastikan tidak ada orang lain yang mengganggumu saat interview. Selain itu, pastikan ponsel kamu dan perangkat pintar lainnya dalam keadaan mati atau senyap selama proses interview berlangsung.

 

7. Percaya Diri

Penting untuk cukup rileks agar interviewer memiliki pandangan yang baik tentang kamu dan untuk dapat berbicara tentang keterampilan dan pengalaman kamu dengan mudah. Percayalah pada dirimu sendiri. Postur yang tegap, kontak mata, dan senyum yang ramah memberi kesan bahwa kamu nyaman dan percaya diri dengan proses interview via video conference.

 

8. Hindari Gerakan tubuh yang berlebihan

Selama proses interview, hindari bergerak-gerak dengan pena, rambut, smartphone, atau apapun yang menunjukkan rasa gugup dan kecemasan kamu. Usahakan agar gerakan tubuh kamu tetap tenang dan rileks. Saat berbicara, kamu dapat menggunakan tangan kamu untuk memberi isyarat, tetapi hindari gerakan yang berlebihan. Saat orang lain berbicara, duduklah, diam dan dengarkan dengan penuh perhatian dengan anggukan kepala sesekali untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan.

 

9. Perhatikan penampilanmu

Berpenampilan rapi saat interview secara offline sangat diperlukan. Hal tersebut juga berlaku untuk interview via video conference. Kamu harus menggunakan pakaian yang formal dan rapi. Gunakan kemeja dengan warna-warna yang netral atau warm seperti putih, coklat, biru, dll. Untuk laki-laki, jangan lupa menyisir rambut dengan rapi. Sedangkan untuk perempuan, jangan lupa untuk menggunakan makeup tipis-tipis, dan jangan terlalu tebal. Jika kamu berhijab, gunakan hijab yang warnanya senanda dengan baju kamu.

 

Sumber: http://www.lifesize.com

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0070 second..