Career Tips and Tricks

Kegiatan Volunteer Sebagai Penunjang Karir

Headline image

Saat mendengar kata “volunteer” apa yang terlintas di benakmu? Sukarela? relawan? projek sosial? membantu sesama?

Yap, semua yang kamu deskripsikan benar. Volunteer/ relawan adalah aktivitas yang dilakukan seseorang secara sukarela, tanpa mendapatkan tanda jasa atas tenaga, pemikiran, dan waktunya untuk tujuan tertentu. Volunteer merupakan bentuk keikutsertaan individu dalam kegiatan sosial yang didasari keinginan pribadi. Contoh kegiatan volunteer yang dapat diikuti seperti kegiatan sosial, pendidikan, lingkungan, kemanusiaan, dan lain sebagainya.

Dalam mempersiapkan karirmu ke depan, tentunya diperlukan pengalaman-pengalaman untuk menunjang karir. Dengan adanya pengalaman ini dapat dianggap sebagai kesiapan kamu ketika memasuki dunia kerja. 
Pengalaman ini banyak sekali jenisnya lho, tidak hanya pengalaman pekerjaan saja. Pengalaman tersebut dapat berupa ikut organisasi, kepanitiaan/event, magang, exchange, atau volunteer. Nah, Volunteer dapat menjadi salah satu bekalmu untuk mempersiapkan karir. Secara tidak langsung, dengan mengikuti kegiatan volunteer ini membantu seseorang  untuk mengasah skill teamwork ataupun membangun kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Yuk, simak manfaat lain volunteer sebagai penunjang karirmu!

1. Mempelajari Hal Baru

Ketika mengikuti kegiatan volunteer, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru dengan latar belakang serta pengalaman yang berbeda-beda. Kamu dapat belajar dari orang-orang tersebut hal-hal baru yang tidak kamu temukan sebelumnya. Dengan mengikuti volunteer kamu akan dapat melihat sesuatu yang amat berharga bagi orang lain, yang mungkin sebelumnya kamu menganggap kecil hal tersebut. Semakin luas wawasan dan pengalaman, tentunya akan berpengaruh saat di dunia kerja.

2. Melatih Softskills

Dalam menunjang karir tentunya kamu harus menguasai hardskills dan softskills yang mumpuni. Melatih softskills dapat dilakukan dimana saja, salah satunya melalui kegiatan volunteering. Setidaknya terdapat 4 softskills yang harus dikuasai anak muda masa kini yaitu kepemimpinan, komunikasi, kolaborasi, dan juga manajemen waktu. 
Keempat softskills ini dapat dilatih melalui kegiatan volunteering loh. Contohnya ketika kegiatan volunteer kamu akan bekerja dalam tim yang pastinya membutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang baik. Tak jarang pula kamu akan dilatih untuk dapat memimpin dalam suatu kesempatan. Dengan begitu volunteer bisa dijadikan sebagai sarana meningkatkan kemampuan dan keterampilan kamu sebelum memasuki dunia kerja.

3. Memperluas Relasi

Menjadi volunteer membuatmu terhubung dengan banyak orang di dalam komunitas juga masyarakat yang menjadi target sosial. Di dalam kegiatan  volunteer kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai budaya, daerah dan karakter yang berbeda-beda. Volunteer nggak hanya dapat memperluas jaringan pertemanan karena sama-sama satu tujuan untuk saling bantu, tetapi bisa jadi suatu saat orang-orang di dalam komunitaslah yang membantu kamu menemukan jalan karir.  Dengan relasi  inilah dapat memberi peluang yang besar untuk karir kedepannya.

4. Mengasah Skill Problem Solving

Dengan mengikuti kegiatan volunteer maka seseorang akan terbiasa untuk tak segan menolong orang lain bahkan untuk menyelesaikan suatu masalah. Bagaimana pemecahan solusi jika dihadapakan dengan permasalahan yang ada. Dari sini secara tidak langsung kemampuan problem solving kamu juga akan terasah. Dengan Skill Problem Solving yang baik ini akan sangat berguna ketika berada di dunia kerja, karena kamu akan jadi pribadi yang ringan tangan dan tak segan untuk berbagi serta mengungkapkan pandangan kamu mengenai pemecahan suatu masalah.

5. Terbiasa Bekerja Keras

Manfaat lain menjadi volunteer adalah jika kamu terbiasa untuk bekerja secara cepat, tentu saja ini juga sejalan dengan kamu akan terbiasa untuk bekerja keras, bahkan tanpa pamrih. Hal ini nantinya akan bermanfaat ketika di dalam dunia kerja, karena kamu akan lebih menghargai setiap pekerjaan dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Melakukan pekerjaan yang dijalankan dengan baik dan tidak asal-asalan tentunya akan membuahkan hasil yang baik. Bahkan terkadang juga mendapat bonus berupa apresiasi dan reward.

Nah, itulah 5 alasan penting mengapa kegiatan volunteer sangat penting untuk mengembangkan karirmu. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi Volunteer?  

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0067 second..