UNDIP Career Center News

Workshop Peningkatan Kualitas SDM bersama Jajaran Undip

Workshop Peningkatan Kualitas SDM bersama Jajaran Undip

Kamis, 21 Juli 2016 bertempat di Hall Gedung C Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Undip Career Center menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kualitas SDM dan Mewujudkan Lingkungan Akademik yang bermutu untuk Mendukung Percepatan Penguatan Kompetensi Mahasiswa dan Lulusan Undip Menghadapi Era Global”.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan SDM dan lingkungan akademik untuk menunjang penguatan kompetensi mahasiswa dan lulusan Undip menghadapi era global. Workshop ini mengundang 150 civitas akademika Universitas Diponegoro dari masing – masing fakultas. Kegiatan ini dilaksanakan karena masih terdapat gap antara kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan pasar kerja di era global. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, M.Hum dilanjutkan dengan paparan materi oleh direktur Undip Career Center, Ibu Fitrie Arianti, SE., M.Si tentang survey yang dilakukan oleh Undip Career Center kepada mahasiswa, wisudawan, alumni Undip dan perusahaan, menunjukkan bahwa masih tingginya Gap kompetensi antara lulusan Undip dan kebutuhan dunia kerja. Oleh sebab itu, kurikulum yang mendukung proses pembelajaran dan infrastruktur di kampus yang mendukung pengembangan soft skill dan life skill harus jauh lebih ditingkatkan.

Selanjutnya, memasuki pada materi pertama yang dibawakan oleh Bapak Mohamad Al – Arief, Head of External and Corporate Relations, Social Protection, Labor and Jobs Global Practice dari World Bank Group tentang “Peran Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Manusia Indonesia Siap Tanding”. Paparan ini menekankan pada pentingnya semangat global competitiveness dalam pola pikir mahasiswa Universitas Diponegoro dan Indonesia pada umumnya. Materi berikutnya, dipaparkan oleh Bapak Ahmad Yuniarto, Former CEO Schlumberger tentang “Peningkatan Kualitas SDM dan Penciptaan Environment Perguruan Tinggi untuk Mendukung Penguatan Mahasiswa dan Lulusan Undip Menghadapi Era Global”. Materi terakhir dibawakan oleh Bapak Bambang Widiyanto, Vice President Human Resources PT Bali Turtle tentang “Penyesuaian Environment Kampus, Mata Kuliah dan Metode dalam Proses Belajar Mengajar untuk Mengatasi Gap Kompetensi Lulusan Undip Kebutuhan Pasar Kerja di Era Global”.

Hasil dari Workshop ini adalah perlunya lembaga yang berfokus pada peningkatan kualitas lulusan Universitas Diponegoro agar sesuai dengan kebutuhan pasar global.

Share this article:  
Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0074 second..