UCC Training: Let's Get Your Excellent Career
- 23 Juni 2016, 10:11
- By Staff UCC
- Category: UCC News
UCC Training adalah kegiatan pelatihan persiapan menghadapi dunia kerja yang dilakukan oleh Undip Career Center, dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa dan pencari kerja agar memiliki kompetensi, performance, karakter dan keahlian untuk memasuki dunia kerja. UCC Training mengangkat tema Preparing Job Interview and Psikotes oleh Ibu Dian Ratna Sawitri, S.Psi, M.Si., Ph.D, Grooming oleh Elvira D. M. Noer, S.E, M.M, dan Buliding Trust For The First Time oleh Bapak Nurali Effendi, S.E.
Acara UCC Training berlangsung pada Kamis, 2 Juni 2016 bertempat di Lantai 2 Gedung Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Registrasi ulang dimulai pukul 07.00 WIB. Acara dibuka oleh MC pukul 08.00 WIB tepat dan langsung dilanjutkan dengan pemaparan Trainer pertama yaitu Preparing Job Interview and Psikotes oleh Ibu Dian Ratna Sawitri, S.Psi, M.Si., Ph.D.
Trainer 1, Ibu Dian Ratna Sawitri, S.Psi, M.Si., Ph.D
Tips dan trik dalam menghadapi psikotest dan wawancara
Eksplorasi potensi diri:
- Keyakinan diri
- Sumber Daya
- Nilai-nilai yang dianut
Selain eksplorasi potensi diri, kita juga harus siap menghadapi sebuah transisi yaitu kebiasaan saat kuliah vs kebiasaan kerja. Serta ketergantungan vs mandiri.
Dalam menghadapi psikotest, tidak perlu dilakukan latihan atau setting psikotest, karena semua itu akan terjadi secara alami yang merepresentasikan diri kita. Psikotest tidak bisa dipura-purakan.
Tips membuat curriculum vitae yang baik adalah
- Nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, alamat email
- Ditulis di bagian tengah kertas dengan huruf cetak tebal
- Alamat email dibuat formal
Informasi relevan dengan pekerjaan yang dilamar:
- Pengalaman kerja
- Kualifikasi dan skills
- Pendidikan dan pelatihan
- Kegiatan organisasi, professional dan kemasyarakatan (maksimal 5 tahun terakhir)
- Rapi, menarik, terorganisir, terencana, tanpa salah ketik
- Jenis dan ukuran huruf mudah dibaca dan formal
- Berisi informasi yang up to date
- Dicetak pada kertas berwarna netral
- Bila dikirim via email
- Biasanya dalam bentuk pdf
- Pastika file mudah dibuka oleh penerima
- Simpan email konfirmasi
- Gunakan alamat email formal
Psikotest tidak perlu dilatih, namun harus familiar dengan paper and pencil test. Ragam aspek yang digali adalah
Inteligensi yang meliputi daya tangkap, logika numerik, logika bahasa, abstraksi, analisa sintesa, konsentrasi, daya ingat.
Kepribadian yang meliputi motivasi berprestasi, kepercayaan diri, kesediaan bekerjasama, kebutuhan untuk berafilitasi, kemandirian, keterbukaan terhadap saran, penyesuaian diri.
Sikap kerja yang meliputi tempo kerja, ketelitian, persistensi, daya tahan stress.
Minat yang meliputi realistic, investigative, artistic, social, enterprising, conventional.
Persiapan psikotest meliputi
- Familiar dengan paper dan pencil test
- Mencari lokasi tes dan eksplorasi kondisi sekitarnya
- Cukup makan, tidur dan istirahat
Tips saat wawancara kerja
- Datang tepat waktu
- Kepercayaan diri
- Penggunaan bahasa dan cara bicara
- Bahasa tubuh
- Hindari bahasa informal
Trainer 2, Elvira D. M. Noer, S.E, M.M
Grooming adalah merawat diri dengan cara berbusana yang sesuai etika. Grooming terbagi menjadi tiga aspek yaitu tata busana, tata rias, dan etika.
Tata busana yang baik saat melamar pekerjaan adalah office look yaitu pakaian formal. Untuk pria dapat mengenakan jas, kemeja, dasi, dan celana kain. Untuk wanita dapat mengenakan blouse, blazer, dan rok. Warna dan motif pun harus sesuai.
Tata rias yang baik saat melamar pekerjaan adalah rias yang natural dan tidak terlalu mencolok dengan perpaduan warna yang sesuai.
Etika yang baik sesuai dengan tata busana dan tata rias adalah cara berdiri yang tegap, berjalan yang tegap, serta duduk tidak melengkung (tegak). Cara berjabat tangan dan eye contact pun juga harus diperhatikan. Dan ingatlah untuk senyum dan menyapa.
Trainer 3, Nurali Effendi, S.E
Membangun kepercayaan dari pertama kali bertemu. Ada beberapa tips dalam membangun kepercayaan saat interview pekerjaan:
1. Don’t be perfect, be real
2. Change
3. Up to date
4. Antusias
5 Be Yourself
Acara selesai pukul 13.30 WIB dan ditutup oleh MC.